Seni Rupa - Definisi, Unsur-unsur, Fungsi, Tujuan, serta Jenis-jenis Bentuknya

definisi seni rupa, unsur-unsur, fungsi, tujuan dan jenis-jenis bentuknya

tegaraya.com - Seni Rupa merupakan sebuah cabang seni atau kesenian yang memiliki wujud fisik serta unsur rupa. Definisi Seni Rupa adalah jenis kesenian yang dapat dinikmati secara visual melalui indera pengelihatan atau dapat juga berupa sentuhan fisik melalui indera perasa kulit, yang oleh penciptanya diwujudkan dalam bentuk yang indah dan berestetika.

Konsep Pembuatan Seni Rupa adalah mengubah materi/media berdasarkan hasil renungan & imajinasi, hingga membentuk wujud benda yang menyenangkan, baik hanya untuk dinikmati atau sekaligus dimanfaatkan oleh manusia.

Istilah kata Rupa dicetuskan pertama kali oleh Seniman Legendaris di Indonesia bernama Sindoesoedarsono Soedjojono pada tahun 1930-an. Beliau menciptakan istilah Seni Rupa yang lahir dari anggapannya bahwa karya seni adalah jiwa yang tampak secara fisik. Dari anggapan itulah istilah Seni Rupa ini dimunculkan. Seni Rupa adalah karya Seni Fisik yang lahir dari sebuah imajinasi didalam jiwa dan pikiran pembuatnya.

contoh gambar seniman seni rupa

Orang atau individu yang membuat Karya Seni Rupa umumnya disebut Seniman. Namun karena bentuk dan jenis-jenis Seni Rupa yang sangat beragam membuat penamaan pada subjek pembuat karya-karya tersebut akan disebut khusus berdasarkan keahliannya, contohnya adalah Pelukis adalah seseorang yang ahli melukis, Pematung disebutkan untuk orang yang membuat patung, Arsitek ditujukan kepada orang yang ahli merancang bangunan menjadi indah, dan sebutan-sebutan lainnya yang sangat beragam.



Unsur-unsur dalam Seni Rupa

Karya Seni Rupa dapat terbentuk secara utuh dengan cara menggabungkan beberapa unsur-unsur yang saling berkaitan dan melengkapi. Unsur-unsur visual yang terdapat didalam karya seni rupa antara lain adalah;
  1. Bentuk Pola/Bidang; dimaksudkan bahwa Seni Rupa selalu menggunakan bidang atau bentuk pola tertentu untuk dibentuk atau mengalami deformasi.
  2. Titik; adalah sebuah unsur terkecil dari karya Seni Rupa. Titik dapat menciptakan unsur-unsur baru ketika disusun dengan deretan tertentu dan mengikuti pola tertentu.
  3. Garis; merupakan sebuah unsur seni rupa yang dapat membentuk unsur-unsur baru dengan menciptakan pola bidang tertentu. Unsur Garis sama seperti unsur titik yang juga dapat nenjadi sebuah gradasi warna gelap dan terang dengan cara mengarsir bidang dengan jarak antar garis yang sudah diatur rapi.
  4. Volume; merupakan unsur seni rupa yang bersifat nyata secara visual dan identik pada media 3 dimensi, namun akan bersifat semu pada karya seni rupa media 2 dimensi.
  5. Ruang; merupakan area yang terbentuk saat menggunakan sebuah media dalam menciptakan karya Seni Rupa. Ruang akan memberikan kesan tertentu yang dapat menghidupkan imajinasi dan keindahan dari Karya Seni Rupa yang dibuat. Pada karya seni rupa 2 dimensi, ruang bersifat semu, namun pada seni rupa 3 dimensi ruang akan bersifat nyata.
  6. Warna; adalah unsur dalam Seni Rupa yang paling mencolok dan paling diperhatikan oleh para apresiator seni rupa. Warna juga dapat memberi kesan imajinasi yang lebih hidup walau hanya menggunakan media 2 dimensi. Unsur warna yang memiliki kesan khusus dan sangat hamonis biasanya menjadi sebuah persepsi yang mudah untuk diingat atau tersimpan didalam memori para penikmat seni rupa.
  7. Tekstur; merupakan suatu unsur dari seni rupa yang dapat dirasakan melalui inderas peraba atau kulit. Tekstur akan sangat terasa pada karya seni rupa dengan media 3 dimensi, sementara seni rupa dengan media 2 dimensi akan terasa semu.
  8. Cahaya; adalah salah satu unsur dalam seni rupa yang menimbulkan kesan dramatis dan indah, terutama pada seni rupa bermedia 3 dimensi. Namun seni rupa bermedia 2 dimensi, kesan cahaya akan dibuat melalui rekaman arsiran atau lukisan yang menimbulkan kesan gelap terang pada objek.

 

Fungsi dan Tujuan Seni Rupa

Pada dasarnya Seni Rupa dibuat oleh Seniman untuk menyenangkan dirinya yang telah memvisualkan imajinasi menjadi terlihat lebih nyata, dan ikut menyenangkan para apresiator atau penikmat karya seni rupa. Kemudian Karya Seni Rupa ini juga dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan tertentu manusia dan lingkup sosialnya, dan dimanfaatkan keindahannya bersama-sama.

fungsi dan tujuan seni rupa

Berdasarkan Fungsinya, Seni Rupa dikelompokkan menjadi 2 golongan, dideskripsikan sebagai berikut.

  1. Seni Murni; merupakan fungsi dari Karya Seni Rupa yang dibuatkan sebagai hasil ekspresi dan imajinasi dari Seniman untuk dinikmati keindahannya. Contoh: Seni Lukis, Patung, Relief, dan lain-lain.
  2. Seni Terapan; merupakan fungsi dari Karya Seni rupa yang dibuat untuk dimanfaatkan untuk memenuhi beberapa kebutuhan manusia, namun tetap mempertahankan nilai keindahan dan kesenangan bagi yang melihat dan merasakannya. Contoh: Seni Kriya, Seni Arsitektur, Tata Busana, Tata Rias, dan lain-lain.

 

Prinsip-prinsip pada Seni Rupa

Seni Rupa memiliki prinsip-prinsip tertentu yang dibuatkan oleh Seniman dan diapresiasi oleh para penikmat seni rupa. Prinsip Seni Rupa merupakan berbagai cara untuk menyusun unsur-unsur pada karya seni rupa agar menjadi lebih padu, seimbang, harmonis serta berkarakter.

prinsip-prinsip seni rupa

Berikut ini adalah beberapa prinsip-prinsip dari Seni Rupa;

  1. Keseimbangan; merupakan sebuah prinsip pertama yang ditemukan pada karya seni rupa. Tanpa keseimbangan, tidak akan tercipta keindahan dan kenyamanan pada karya seni tersebut. Keseimbangan dapat berupa kesimetrisan bentuk, keseimbangan psikologis, warna dan gradasinya hingga bentuk yang dapat diterima akal dan imajinasi manusia.
  2. Keselarasan; adalah sebuah prinsip di dalam seni rupa yang menyatukan semua unsur didalam sebuah karya seni rupa. Keselarasan dapat tercapai ketika menggunakan beberapa pendekatan, seperti kesamaan, kemiripan, keterikatan dan keterkaitan unsur-unsur dari karya seni rupa.
  3. Kejelasan; merupakan sebuah argumen yang ditujukan pada karya seni rupa tertentu untuk dimengerti dan dipahami maksud dan tujuan pembuatannya. Kejelasan ini lebih sering ditemukan pada karya seni rupa terapan daripada karya seni murni.
  4. Penekanan; adalah point of interest dari suatu karya seni rupa. Prinsip ini dimaksudkan bahwa karya seni rupa menggunakan objek yang sangat dominan dan berkarakter, hingga dapat menarik perhatian para apreasiator dalam sekejap.
  5. Kontras; merupakan visual karya seni rupa dan sangat mencolok dari 2 unsur yang berbeda. Maksud kontras ini biasa digunakan untuk menonjolkan gaya dan komunikasi ironi.

 

Seni Rupa berdasarkan jenis Bentuknya

Seni Rupa memiliki beragam bentuk hasil olahan tangan manusia yang nantinya akan dinikmati oleh pandangan melalui indera mata maupun rabaan bentuk melalui indera kulit. Umumnya Seni Rupa memiliki 2 jenis bentuk, yaitu Seni Rupa pada media datar dimensi dan media utuh 3 dimensi.

Berdasarkan bentuk-bentuknya, Seni Rupa dikelompokkan menjadi beragam jenis Kesenian, yang dideskripsikan pada daftar berikut ini.

1. Seni Lukis

Seni Lukis merupakan ekspersi atau ide yang dicurahkan oleh pelukis secara visual dua dimensi dengan media cat warna dan kanvas. Alat bantunya dapat berupa kuas, palet, dan jari. Jenis seni lukis antara lain:

  • Gambar; Gambar memiliki perwujudan yang lebih menekankan unsur garis, bentuk dan aspek kegunaannya, tanpa adanya ekspresi. Contohnya adalah Gambar Arsitektur, Gambar Dekorasi, Gambar Desain, Ilustrasi hingga model.

jenis-jenis contoh seni rupa gambar
Gambar Perspektif

  • Lukisanadalah sebuah gambar yang mengungkapkan bentuk objektifiyas dengan komposisi dan nilai subjektig melalui ekspesi dan kreatifitas.

jenis-jenis contoh seni rupa lukisan
Lukisan

  • Sketsa; diwujudkan berupa garis sederhana yang dibuat relatif spontan namun bermakna.

jenis-jenis contoh seni rupa sketsa
Sketsa

  • Kartun; merupakan gambar yang telah dideformasi dari wujud aslinya menjadi lebih lucu.

jenis-jenis contoh seni rupa kartun
Kartun

  • Karikatur; adalah sebuah wujud kartun sindiran yang terfokus pada karakter objek. Walau sudah mengalami deformasi, namun karakter objek tersebut tetap membuat kita mengenalinya karena ciri khas uniknya.

jenis-jenis contoh seni rupa karikatur
Karikatur

  • Vinyet; merupakan sebuah gambar dekoratif tanpa maksud yang jelas, hanya menjadi sebuah improvisasi bagi pengisi halaman kosong pada selembar kertas atau lembaran buku.

jenis-jenis contoh seni rupa gambar vinyet
Vinyet

  • Siluet; adalah sebuah gambar hitam bayangan tanpa suatu objek, dengan atau tanpa modifikasi.

jenis-jenis contoh seni rupa siluet
Sliuet

2. Seni Patung

Seni Patung merupakan ekspresi atau ide yang dicurahkan dengan media padat tiga dimensi.

jenis-jenis contoh seni rupa patung
Patung

3. Seni Relief

Seni Relief merupakan paduan antara seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi sehingga bentuknya berupa gambar timbul pada bidang dua dimensi,  dengan menggunakan teknik ukir, temple atau cetak.

jenis-jenis contoh seni rupa relief
Seni Relief

4. Seni Grafis

Seni Grafis ini muncul sebagai usaha untuk memperbanyak hasil karya dengan model yang sama dan berkaitan dengan seni yang lain yang sedang menggunakan teknik cetak.

  • Cetak tinggi; bahan yang digunakan untuk klise umumnya yang mudah ditoreh/dilukai seperti jenis karet. Bagian yang hendak dimunculkan sebagai bentuk gambar dibuat menonjol dengan posisi terbalik. Contoh: stempel
  • Cetak Dalam; Hasil yang diinginkan adalah bentuk gambarnya timbul. Jadi pada cetakannya dibuat sebaliknya.
  • Cetak datar; Kini teknik ini telah digunakan oleh mesin cetak modern seperti fotocopy dan sejenisnya.
  • Cetak saring; Cetak saring yang paling dikenal adalah sablon dan stensil.

jenis-jenis contoh seni rupa grafis
Seni Grafis

5. Seni Fotografi

Seni fotografi adalah seni melukis dengan cahaya, yaitu merekam objek alam atau peristiwa ke dalam klise dengan alat bantu kamera foto. Pertimbangan estetikanya ada beberapa hal.

  1. Objek
  2. Latar belakang
  3. Sudut kamera
  4. Pencahayaan
  5. Jenis kamera
  6. Pencetakan

jenis-jenis contoh seni rupa fotografi
seni fotografi (oleh Tomy Tegar)

6. Seni Reklame

Seni Reklameadalah seni yang digunakan untuk mempromosikan produk barang atau jasa dengan gaya yang menawan, untuk meningkatkan gairah membeli pada konsumen. Jenis reklame antara lain:

  • Logo; Logo bisa menjadi bagian dari bentuk reklame yang lain, baik sebagai inisial atau lambang dari badan usaha, organisasi atau instanis pemerintah.

jenis-jenis contoh seni rupa logo
Logo tegaraya.com

  • Stiker; Berbentuk gambar atau tulisan pada kertas atau plastik yang ukuran relatif kecil, bagian bawahnya berperekat dapat berisi slogan, kalimat bijak, atau promosi produk.

jenis-jenis contoh seni rupa stiker
contoh-contoh Stiker

  • Advertensi; Terdapat pada surat kabar atau majalah. Isinya berupa pengumuman atau promosi barang atau jasa dalam bentuk gambar dan kalimat.

jenis-jenis contoh seni rupa advertensi
Contoh Advertensi

  • Pamflet; Jenis reklame yang bentuk dan cetakannya relatif sederhana. Berisi penawaran usaha atau ajakan. Penyebarannya dilakukan melalui kendaraan atau ditempel dipinggir jalan.

jenis-jenis contoh seni rupa pamflet
Contoh Pamflet

  • Poster; Bentuk cetakkannya relatif lebih baik dan lebih besar dari pamflet. Isinya bisa bersifat komersil atau himbauan dengan gambar dan kalimat bijak.

jenis-jenis contoh seni rupa poster
contoh Poster

  • Spanduk; Dicetak pada kain memanjang dengan teknik sablon berisikan tentang pesan, himbauan atau informasi dari yayasan atau organisasi politik.

jenis-jenis contoh seni rupa spanduk
Contoh Spanduk

  • Brosur; Dicetak pada kertas yang biasanya berlipat berisikan tentang keadaan suatu badan usaha atau lembaga pendidikan, agar masyarakat yang berkepentingan dapat mengetahui kegiatan dan faktor pendukung yang ada.

jenis-jenis contoh seni rupa brosur
Contoh Brosur

  • Katalogus; Sama seperti brosur, tetapi isinya daftar nama, gambar, harga serta keterangan lainnya tentang barang atau jasa yang ditawarkan.

jenis-jenis contoh seni rupa katalogus
Contoh Katalogus

  • Baleho; Berukuran besar terbuat dari tripleks, seng, kain tebal, atau plastik khusus diletakkan di tempat yang strategis. Fungsinya mempromosikan produk yang relatif besar seperti rumah, mobil, rokok, film dan lain-lain.

jenis-jenis contoh seni rupa baleho
Contoh Baleho

  • Etalase; Berupa ruangan kecil berdinding kaca di depan toko tempat barang dijual.

jenis-jenis contoh seni rupa etalase
Contoh Etalase

  • Cut out display; Berbentuk tiga dimensi berupa balon atau model barang yang dipromosikan dalam ukuran yang besar, diletakkan di tempat strategis di sekitar toko.

jenis-jenis contoh seni rupa cut out display
Contoh Cut out Display

  • Neon Box; Neon box terbuat dari kotak akrilik yang bertuliskan produk yang dipromosikan dan didalamnya terdapat lampu neon.

jenis-jenis contoh seni rupa neon box
Contoh Neon Box

7. Seni Kriya

Seni Kriyaadalah seni kerajinan dalam membuat barang kebutuhan hidup sehari-hari. Jenis seni kriya ada 2 jenis antara lain: seni kriya terapan dan seni kriya murni.

jenis-jenis contoh seni rupa kriya
Seni Kriya

8. Seni Ilustrasi

Seni Ilustrasi digunakan untuk membantu penjelasan dan menghias karya sastra atau tulisan ilmiah, baik untuk kulit sampul atau halaman dalam. Ilustrasi tersebut biasanya menggambarkan isi karya tulisan seperti novel, cerpen, komik, dan sebagainya. Bentuk hiasan yang digunakan antara lain gambar, foto, kartun dan vinyet.

jenis-jenis contoh seni rupa ilustrasi
Seni Ilustrasi

9. Seni Dekorasi

Seni Dekorasi adalah seni  untuk menghias sesuatu, dua atau tiga dimensi, agar tampak harmonis. Seni Dekorasi terbagi dalam beberapa bentuk antara lain:

  • Seni dekorasi dua dimensi; Motif hias, yaitu hiasan dengan motif geometris, atau bebas untuk  menghias sesuatu. Seni lukis hias, yaitu seni lukis yang digunakan untuk mendekorasi suatu ruangan.

jenis-jenis contoh seni rupa dekorasi 2 dimensi
Seni Dekorasi 2 Dimensi

  • Seni dekorasi tiga dimensi; Seni dekorasi tigas dimensi yaitu benda-benda karya seni tiga dimensi yang digunakan untuk mendekorasi bagian dalam atau luar ruangan.

jenis-jenis contoh seni rupa dekorasi 3 dimensi
Seni Dekorasi 3 Dimensi

  • Seni Interior; Penataan dekorasi dalam suatu ruangan sesuai fungsinya. Misalnya di rumah tinggal, hotel, kantor dan sebagainya.

jenis-jenis contoh seni rupa dekorasi interior
Seni Dekorasi Interior

  • Seni Eksterior; Penataan dekorasi di luar ruangan atau alam, misalnya di halaman rumah, taman, tempat rekreasi dan sebagainya.

jenis-jenis contoh seni rupa dekorasi eksterior
Seni Dekorasi Eksterior

10. Seni Miniatur

Seni Miniatur merupakan perpaduan dari berbagai bentuk seni rupa. Seni ini membuat duplikat objek beberapa kali lebih kecil dari bentuk aslinya. Seni miniatur antara lain seperti berikut:

  • Maket; Maket digunakan untuk memperlihatkan arsitektur/rancangan bangunan atau rancangan suatu produk sebelum bangunan sesungguhnya dibangun. Sehingga bisa mengetahui keadaan dan tampak lokasi suatu tempat secara keseluruhan.

jenis-jenis contoh seni rupa maket
Maket

  • Diaroma; Diaroma adalah maket yang dikemas dalam bentuk etalase yang memperlihatkan keadaan/bersejarah atau lingkungan alam suatu bentuk kehidupan.

jenis-jenis contoh seni rupa diaroma
Diaroma

11. Seni Arsitektur

Seni Arsitektur adalah seni merancang bangunan. Meliputi fungsi, model, rincian bahan dan biayanya.

jenis-jenis contoh seni rupa arsitektur
Seni Arsitektur

12. Seni Tata Busana

Seni Tata Busana adalah bagian dari seni kriya pakai. Seni tata busana mencakup berbagai hal dari merancang corak kain, model, serta keserasian dengan si pemakai dan keserasian situasi busana tersebut dikenakan.

jenis-jenis contoh seni rupa tata busana
Seni Tata Busana

13. Seni Tata Rias

Seni Tata Rias adalah seni merawat dan mempercantik tubuh termasuk pakaian dan aksesoris yang dikenakan. Bagian tubuh yang dirawat adalah kulit dan rambut, sedangkan yang dirias biasanya wajah, rambut dan jari.

jenis-jenis contoh seni rupa tata rias
Seni Tata Tias

Demikian artikel tentang Pengertian atau Definisi Seni Rupa beserta deskripsi Fungsi, Prinsip dan jenis-jenis bentuknya yang telah kita ketahui.  Artikel terkait lainnya dapat menelusuri label seni rupa pada laman tegaraya.com

artikel ditulis oleh: Tomy Tegar

Belum ada Komentar untuk "Seni Rupa - Definisi, Unsur-unsur, Fungsi, Tujuan, serta Jenis-jenis Bentuknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel